Skip to content

Sabda Bina Umat 12 Juni 2022

MENYATAKAN KEADILAN

Amos 5 : 14 – 17
Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah
keadilan di pintu gerbang (ay.15)

Ketidakadilan adalah satu cara menghina Tuhan. Ketika Amos melakukan kritik kerasnya terhadap para pembesar dan orang-orang kaya israel, kehidupan bangsa Israel sedang berada dalam situasi ekonomi yang sangat baik. Mereka hidup makmur serta kehidupan peribadahan sangat semarak. Namun demikian, justru pada titik itulah bangsa Israel tidak peduli pada sesamanya yang miskin, menderita, dan tidak punya kuasa. Para pembesar dan orang-orang kaya saat itu seolah bekerja sama untuk saling melindungi. Penguasa mendapatkan upeti dari mereka yang kaya untuk mendapatkan perlindungan dari orang-orang yang berniat jahat. Hakim bisa dipengaruhi untuk menjatuhkan hukuman kepada mereka yang tidak berkuasa. Hakim menerima uang sogokan dari para tuan tanah yang berperkara dengan rakyat jelata. Keadilan hanya menjadi slogan. Para hakim hanya merupakan seonggok tubuh yang bergerak, namun tidak punya hati dan rasa keadilan. Lebih parahnya, perlakuan yang tidak adil ini dibungkus oleh ibadah-ibadah ritualistik yang semarak. Sungguh menyedihkan! Dalam konteks ini kita melihat bagaimana Allah marah terhadap bangsa Israel (16-17).

Kritik nabi Amos pada masanya masih sangat relevan dengan situasi kehidupan masyarakat kita saat ini. Ada begitu banyak ketidakadilan di sekitar kita. Ada banyak kasus di masyarakat, yang sekalipun pada akhirnya orangnya dibebaskan, tetapi dalam kasus-kasus itu, contoh ketidakadilan terjadi begitu menyolok di depan mata.

Berkaca pada fenomena ketidakadilan ini, sudah selayaknya gereja bersuara menyatakan keadilan. Gereja juga perlu membentuk lembaga-lembaga advokasi, yang bertujuan untuk melakukan pendampingan terhadap mereka yang diperlakukan tidak adil. Lembaga advokasi ini akan menjadi suara gereja untuk menyatakan keadilan Tuhan di tengah masyarakat yang cenderung mencintai ketidakadilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *