Skip to content

Sabda Bina Umat 5 Juni 2022

KUASA UNTUK BERSAKSI

Kisah Para Rasul 19 : 1 – 12

Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa.
(ay.11)

Bersaksi secara sederhana, berarti menyatakan kebenaran. Pemahaman seseorang tentang kebenaran terbentuk berdasar-kan setiap peristiwa yang dilihat dan dialaminya. Atas dasar itu, maka bersaksi harus dilakukan bukan hanya melalui kata, tetapi juga perbuatan, supaya semakin banyak orang yang mengenal serta mengalami kebenaran itu sendiri.

Rasul Paulus pun menyadari hal itu. Ia telah mengalami karya keselamatan Kristus serta telah menerima perkenanan-Nya. Rasul Paulus berada di Antiokhia hanya beberapa waktu saja. Setelah itu ia berangkat kembali untuk memberitakan Injil yang ketiga kalinya. Ketika Apolos tiba di Korintus, rasul Paulus masih menjelajahi daerah-daerah pedalaman Asia kecil. Tidak lama berselang, ia tiba di Efesus untuk memulai pemberitaan Injil serta membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus.

Karena perkenanan Tuhan Yesus atas dirinya, maka ketika Paulus menumpangkan tangan ke atas kedua belas orang itu, Roh Kudus berkarya, sehingga mereka mulai berkata-kata dalam bahasa Roh dan bernubuat. Sekalipun demikian, pelayanan rasul Paulus tidak selalu berjalan mulus. la mendapat tantangan dari beberapa orang yang mengumpat “Jalan Tuhan”. Melihat keadaan itu, rasul Paulus memisahkan murid-muridnya dari mereka.

Bersaksi tidaklah mudah, karena tujuannya bukan untuk membawa orang lain kepada diri kita melainkan kepada Kristus. Bersaksi bukan untuk membanggakan diri sendiri, tetapi untuk kemuliaan Kristus. Ketika bersaksi terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi, tetapi kita tidak perlu heran, karena rasul Paulus sendiri pun mengalaminya. Kita tidak perlu kuatir, karena kuasa untuk bersaksi datang dari Roh Kristus. Hal yang utama adalah kesiapan dan kemauan diri sendiri dipakai Roh Kudus untuk bersaksi. Maukah kita menerima kuasa Roh Kudus untuk bersaksi bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *